Sebutkan Keutamaan Bulan Ramadhan

Sebutkan Keutamaan Bulan Ramadhan dan Kunci Jawaban

Inilah kunci jawaban dari pertanyaan: Sebutkan keutamaan bulan ramadhan

Jawaban

  • Bulan penuh ampunan.
  • Bulan penuh berkah dan rahmat.
  • Bulan penuh pahala.

Penjelasan

Memahami Ramadhan sering dipandang sebagai bentuk pemahaman tentang Ramadhan. Sukacita selalu mengiringi bulan suci Ramadhan. Bulan bahagia ini selalu dijelaskan dalam sejuta kemuliaan.

Baca Juga: Twibbon Ramadhan 2022

Selama Ramadhan, umat Islam berpuasa selama sekitar 29-30 hari. Sebagai seorang muslim yang unggul, pemahaman tentang Ramadhan tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Pahami bahwa Ramadhan erat kaitannya dengan bulan puasa Ramadhan. Namun, Ramadhan tampaknya lebih dari sekadar puasa.

Selama bulan itu, pahala berlipat ganda dan doa-doa dikabulkan. Oleh karena itu, sangat baik untuk memperbanyak sedekah dan ibadah di bulan yang penuh berkah ini. Namun, akan lebih baik jika Anda memahami makna Ramadhan yang sebenarnya. Dengan begitu, kejayaan bulan ini lebih mudah dinikmati.

Pengertian

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Muslim di seluruh dunia merayakan Ramadhan dengan berpuasa dan memperingati wahyu pertama Nabi Muhammad.

Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan. Ramadhan biasanya berlangsung selama 29-30 hari menurut pengamatan hilal dan beberapa ketentuan dalam hadits.

Kata Ramadhan berasal dari akar bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas atau kekeringan yang ekstrem. Budaya Babilonia, yang dulu sangat dominan di Arabia utara, menggunakan bulan dan matahari untuk menghitung tahun. Bulan kesembilan, Ramadhan, selalu di musim panas yang sangat panas.

Namun, setelah umat Islam mengembangkan kalender berbasis bulan yang rata-rata 11 hari lebih pendek dari kalender berbasis matahari, Ramadhan tidak lagi selalu bertepatan dengan musim panas.

Diyakini bahwa Al-Qur’an pertama kali diturunkan kepada Muhammad selama Ramadhan, yang dikenal sebagai “waktu terbaik”. Wahyu pertama diturunkan pada malam Leila Turkadar, salah satu dari lima malam di sepuluh hari terakhir Ramadhan.

TRENDING:  Jelaskan Cara Mendarat yang Baik Pada Lompat Jauh gaya Jongkok

Menurut hadits, semua kitab suci seperti kitab Shuhuf Ibrahim, Taurat, Mazmur, Alkitab dan Al-Qur’an diterbitkan pada tanggal 1, 6, 12, 13 dan 24 Ramadhan masing-masing.

Dalam Al Qur’an, puasa juga merupakan kewajiban pra-Islam dan cara untuk mendapatkan iman kepada Tuhan. Seluruh umat Islam di seluruh dunia merayakan akhir Ramadhan dengan penuh suka cita.

Di malam hari (1 Syawal malam), yang biasa dikenal dengan Malam Kemenangan, umat Islam akan membaca takbir bersama.