Penentuan Puasa awal Ramadan Ditentukan Melalui

Penentuan Puasa awal Ramadan Ditentukan Melalui

Berikut kunci jawaban dari pertanyaan: Penentuan puasa awal ramadan ditentukan melalui

  1. Keputusan tokoh masyakarat setempat
  2. Penelitian ahli astronomi
  3. Sidang isbat pemerintah
  4. Keputusan pengadilan agama
  5. Semua Benar

Jawaban: C. Sidang isbat pemerintah

Penjelasan

Awal bulan ramadhan adalah awal bulan diwajibkannya ummat islam untuk berpuasa,

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ وَانْسُكُوا لَهَا فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا ثَلَاثِينَ فَإِنْ شَهِدَ شَاهِدَانِ فَصُومُوا وَأَفْطِرُوا

Artinya:

“Berpuasalah kalian karena melihatnya berbukalah kalian karena melihatnya dan sembelihlah kurban karena melihatnya pula. Jika -hilal- itu tertutup dari pandangan kalian, sempurnakanlah menjadi tiga puluh hari, jika ada dua orang saksi, berpuasa dan berbukalah kalian”.

Dari hadits di atas dijelaskan ketika Ramadhan (Ramadhan) dimulai ketika kita melihat hilal dan tidak mungkin melihat hilal, maka diadakan pertemuan isbat pemerintah di Indonesia.

Pengadilan isbat pemerintah adalah pengadilan di mana argumen syar’i didirikan dalam majelis untuk menentukan kebenaran atau apa yang terjadi. Di Indonesia telah banyak diketahui bahwa uji coba ISBAT merupakan uji coba untuk mengetahui kebenaran dari apa yang terjadi, terutama ketika hilal (awal bulan) dilihat dengan teropong, dan hasil dari uji coba tersebut adalah untuk menentukan kapan awal Ramadhan atau awal bulan Ramadhan.

Puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib yang telah dijelaskan oleh firman Allah SWT dalam QS AI-Baqarah ayat 183. “Hai orang-orang yang beriman, kamu perlu berpuasa, sebagaimana orang-orang sebelum kamu perlu berpuasa, agar kamu menjadi orang yang agamis.”. Saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, umat Islam harus menghindari rasa lapar, haus dan segala kemungkinan gangguan dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari (magrib).

Tentunya hal ini untuk meningkatkan ketakwaan umat Islam. Pengertian serupa dijelaskan dalam kitab Subui aI-SaIam, yang menyatakan: “Diwajibkan sepanjang hari untuk tidak makan, minum, jima (bercampur dengan istri) dan hal-hal lain yang diperintahkan untuk kita miliki. Cara. Mempublikasikan pidato yang dilarang atau dilarang, karena ada tradisi melarangnya, semua berdasarkan waktu dan kondisi yang telah ditetapkan.”

TRENDING:  Jelaskan Cara Mendarat yang Baik Pada Lompat Jauh gaya Jongkok

Pertanyaan Selanjutnya Sebutkan Keutamaan Bulan Ramadhan